Silaturrahmi dan Temuramah MPU Kota Banda Aceh Kepada WaliKota

Banda Aceh – Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, Kamis malam (28/3/2019) di Pendopo menerima Ketua Majelis Permusyarawatan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh, Tgk Damanhuri Basyir bersama para anggota MPU Kota Banda Aceh dalam rangka  silaturrahmi dan temuramah.

Setelah pengukuhan Ketua dan Anggota MPU Kota Banda Aceh 17 Maret 2019, inilah kali pertama silaturrahmi ini dilakukan, meski terhitung baru 12 hari masa kerja jelas Tgk. Damanhuri Basyir dan MPU juga sudah mulai bekerja dengan telah di paripurnakannya Tata tertib MPU dan pembentukan komisi-komisi serta sudah mulai melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait seperti Dinas kesehatan, Dinas pendidikan, MAA.

Tgk.Syibral Malasyi selaku Wakil Ketua II MPU juga menyampaikan bahwa MPU sangat mendukung program Wali Kota menjadikan Banda Aceh sebagai kota zikir.

Dalam kesempatan ini juga Tgk.Fauzi Saleh dan Tgk.Muhibban selaku Anggota MPU memberikan saran dan masukan terkait program kegiatan yang menyentuh kepada kemaslahatan umat.

Walikota berharap kontribusi dari para ulama dalam merealisasikan cita-cita Pemerintah Kota Banda Aceh agar zikir dapat bergema diseantero kota.

Harapan lainnya para ulama ikut memberikan himbauan dan nasehat melalui dakwah lewat mibar-mimbar masjid

Walikota juga berharap “ para ulama ikut memberikan imbauan dan nasehat melalui dakwah dan lewat mimbar mimbar masjid” apalagi narkoba sudah sangat memprihatinkan dan bahkan bisa masuk ke pelosok gampong dan institusi pendidikan. Kondisi ini mengancam masa depan generasi Banda Aceh.

Peran MPU dalam mendorong para pengusaha rumah makan menjaga terhadap kehalalan produk, hal ini penting bagi pendatang dimana setiap produk makanan harus dipastikan kehalalannya oleh MPU, himbau Bapak Aminullah.

Hal lain yang juga dibahas adalah Bidang muamalah dimana Walikota mengatakan , sejak Qanun tentang syariat Islam disahkan pada tahun 2002, hanya sektor syariah dan ibadah yang lebih kuat, sementara sektor muamalah, seperti sistem keuangan yang sesuai dengan syariat Islam belum berjalan maksimal.

Harapan terakhir Wali Kota mengungkapkan MPU sebagai lembaga pengawas syariah akan mampu berkerja maksimal dan memperkuat program program penegakan syariat Islam dengan fatwa fatwanya.