Prof Daniel Djuned Meninggal Dunia

BANDA ACEH – Innalillahi wa innailaihi raajiuun. Aceh kembali berduka. Tepat  pukul 21.45 WIB malam tadi, pakar hadits yang juga Guru Besar IAIN Ar-Raniry, Prof Dr H Daniel Djuned MA, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum (RSU) Meuraksa, Banda Aceh, Kamis (19/8) malam.

Kepergian lulusan S3 IAIN Syahid Jakarta ini merupakan kehilangan bagi dunia pendidikan Aceh mengingat beliau merupakan ahli hadits satu-satunya di IAIN Ar-Raniry. Kepakarannya dalam  bidang ilmu hadits telah mendapat rekomendasi dari ahli tafsir terkemuka Indonesia, Prof Dr M Quraisy Shihab.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Serambi dari Pembantu Rektor IV IAIN Ar-Raniry, Prof Dr Syahrizal MA tadi malam, Profesor Daniel Djuned yang pernah terkena serangan stroke dilarikan ke RSU Meuraksa pada Pukul 18.00 WIB kemarin. Namun, Allah berkehendak lain, pada pukul 21.45 mantan direktur pascasarjana IAIN Ar-Raniry meninggal dunia. Oleh keluarga, jenazah mantan dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry itu kemudian dibawa ke rumah duka di Desa Tanjung Selamat, Darussalam.

“Hingga saat ini saya belum tahu dimana almarhum dikebumikan. Apakah akan dikebumikan di Tanjung Selamat atau di tanah kelahiran beliau di Aceh Selatan, belum bisa dipastikan. Kami sangat kehilangan satu-satunya ahli hadits terbaik di Aceh. Ini bukan hanya kehilangan bagi IAIN Ar-Raniry, tapi juga kehilangan bagi Aceh mengingat kiprah beliau dalam penelitian hadits sahih sangat berguna bagi masyarakat,” ujar Syahrizal.

Dalam riawayat pendidikannya, Daniel Djuned menyelesaikan SI di Fakultas Syariah IAIN Ar Raniry. Sedangkan S2 bidang studi ilmu hadis diselesaikan di Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan S3 diselesaikan di IAIN Syahid Jakarta. Semasa hidupnya beliau mengbadikan ilmunya sebagai dosen Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry. Beliau juga pernah menjadi Dekan Ushuluddin, direktur pascasarjana IAIN Ar-Raniry, dan terakhir sebagai guru besar di IAIN Ar-Raniry.(hd)